Pendidikan di Indonesia

Maret 25, 2016

By.[mhf45]


Pendidikan merupakan salah satu wahana pembentuk karakter bangsa, tetapi, dunia pendidikan di Indonesia tetap mempunyai sekian banyak rintangan yang mengenai dengan kualitas pendidikan diantaranya merupakan keterbatasan akses kepada pendidikan, jumlah guru yang belum merata, juga mutu guru itu sendiri dinilai masihlah kurang. Terbatasnya akses pendidikan di Indonesia, apalagi lagi di daerah berujung pada meningkatnya arus urbanisasi buat mendapati akses ilmu yg lebih baik di perkotaan. Diluar itu, jumlah guru yg serasi dgn kualifikasi sekarang ini dinilai masihlah belum merata di daerah. Pada waktu ini tidak sedikit sekolah basic (SD) di Indonesia kekurangan tenaga guru. Banyaknya diperkirakan mencapai 112 ribu guru. Untuk mengatasinya, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan (Kemendikbud) perlu bekerja sama bersama pemerintah daerah, baik tingkat propinsi ataupun kabupaten atau kota, dalam aspek distribusi guru di daerah-daerah biar lebih merata.

Pemerintah melalui Kemendikbud perlu meningkatkan kualifikasi guru lewat beasiswa S-1 bagi guru SD & SMP. Jumlah guru SD di sekolah negara & swasta lebih kurang 1.850 ribu guru. Dari jumlah tersebut, cuma 60 prosen guru yg telah memenuhi kualifikasi dengan gelar S-1, sedangkan 40 % yang lain belum memenuhi kualifikasi. Segala upaya dari Kemdikbud yaitu menyiapkan beasiswa utk 100 ribu calon guru guna menempuh pendidikan S-1 lewat pertolongan beasiswa S-1 utk guru SD & SMP. Di dunia internasional, mutu pendidikan Indonesia berada di peringkat ke-64 dari 120 negeri di semua dunia berdasarkan laporan tahunan UNESCO Education For All Global Monitoring Report 2012. Sedangkan berdasarkan Indeks Perkembangan Pendidikan (Education Development Index, EDI), Indonesia berada kepada peringkat ke-69 dari 127 negeri tahun 2011. Indonesia menempati posisi 121 dari 185 negeri dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dgn angka 0,629. Bersama angka itu Indonesia tertinggal dari dua negeri tetangga ASEAN yakni Malaysia (peringkat 64) & Singapura (18), sedangkan IPM di kawasan Asia Pasifik yaitu 0,683.

Pendidikan di Indonesia adalah seluruh pendidikan yang diselenggarakan di Indonesia, baik itu secara terstruktur maupun tidak terstruktur. Secara terstruktur, pendidikan di Indonesia menjadi tanggung jawab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud), dahulu bernama Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Depdiknas). Di Indonesia, semua penduduk wajib mengikuti program wajib belajar pendidikan dasar selama sembilan tahun, enam tahun di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah dan tiga tahun di sekolah menengah pertama atau madrasah tsanawiyah. Saat ini, pendidikan di Indonesia diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Membandingkan Indonesia dengan China kondisi pendidikan di China standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan sudah ditentukan negara kemudian sekolah tinggal mengelola standar proses, standar penilaian kompetensi lulusannya. Konsep seperti ini menyebabkan sekolah hanya fokus dalam kegiatan sekolah tanpa perlu memikirkan urusan lain yang cukup menyita waktu seperti sarana prasarana dan keuangan seperti di Indonesia. Bedanya dengan sekolah-sekolah negeri yang bertaraf nasional di Indonesia dalam meningkatkan mutunya menggunakan delapan standar pendidikan yaitu standar isi, standar proses, standar sarana dan prasarana, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pembiayaan, standar pengelolaan, standar penilaian, standar kompetensi lulusan. Pendidikan dasar China terdiri dari 3 tahun PAUD, 6 tahun pendidikan dasar, 3 tahun pendidikan menengah pertama, 3 tahun pendidikan menengah atas. Pendidikan tinggi setingkat akademi 2-3 tahun, pendidikan tinggi kejuruan teknik 4 tahun, pendidikan gelar sarjana 4 tahun, pendidikan gelar magister 2-3 tahun, pendidikan doctor 3 tahun. China Sendiri merupakan salah satu negara yang memeiliki peradaban bangsa yang sangat luar biasa banyak sekali temuan-temuan yang mengagumkan dari negara ini sehingga ada layaknya Indonesia belajar dari China sebagai negara Maju dengan kualitas pendidikan yang baik.

Singapura merupakan salahsatu negara di ASEAN yang memiliki kualitas pendidikan lebih maju dari Indonesia. Menurut Organisasi Kerja Sama Ekonomi Pembangunan (OECD) BBC dan Financial Times Singapura dinobatkan sebagai salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik sedunia. Kemampuan matematika, membaca menulis, serta pengetahuan umum siswa sekolah dasar hingga usia 15 di Negeri Singa dinilai paling baik dibanding 76 negara OECD lainnya. Setelah Singapura, negara lain yang membayangi di urutan dua adalah Hong Kong, disusul Korea Selatan. Kejutan terbesar adalah Vietnam, kini bercokol di urutan 12 dunia versi OECD.Ketika semakin banyak negara Asia menjulang di daftar buatan OECD ini, peringkat Indonesia di urutan 69, hanya unggul tujuh peringkat dari Ghana yang ada di daftar terbawah. Dibandingkan Thailand (47) dan Malaysia (52) yang sama-sama poros ekonomi Asia Tenggara, Indonesia pun tertinggal.lima negara dengan pendidikan terbaik versi OECD Singapura, Hong Kong, Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan sedangkan lima negara dengan pendidikan terburuk versi OECD Oman, Maroko, Honduras, Afrika Selatan, dan Ghana.

Dari beberapa ulasan layaknya pendidikan Indonesia haruslah diperbaiki untuk kebermanfaatan bagi seluruh rakyatnya. Kondisi penduduk yang banyak dan beragam inlah yang menjadi tantangan sendiri bagi pemerintah. Sangaatlah perlu belajar dari negara-negara tetangga yang sudah maju dalam dunia pendidikannya, memang banyak sekali orang-orang intelektual yang diakui bahkan di dunia dari Indonesia tapi sampai saat ini kondisi Pendidikan di Indonesia masih sangatlah belum sesuai dengan harapan. Masih banyak anak-anak yang belum bisa melaksanakan program wajib belajar 9 tahun dan lebih tragisnya lagi banyak pula yang putus sekolah. Sudah waktunya Indonesia berbenah terutama dalam pendidikan, peran seluruh masyarakat sangatlah diperlukan untuk tercapainya suatu negara yang diimpi-impikan bangsa sejak dulu sebagai awalnya pendidikan.

Sumber:
http://www.pedidikanindonesia.com/2015/01/potret-dunia-pendidikan-di-indonesia.html
http://www.kompasiana.com/arifguruteladan/bagaimana-sistem-pendidikan-di-china_552fff766ea8344f038b4577
https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan_di_Indonesia

You Might Also Like

1 komentar